Semua orang pernah mengalami rasa khawatir. Bahkan banyak juga yang memiliki rasa khawatir berlebihan. Selalu ada rasa cemas yang menghantui setiap saat karena memikirkan suatu hal. Banyak dijumpai orang stress yang berujung pada penggunaan obat secara berlebihan dan bahkan ada yang sampai bunuh diri.

bebas-khawatir

Islam sesungguhnya adalah jalan keluar dari semua rasa khawatir dan cemas. Di surat Al Ra’d ayat 28 Allah berfirman:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS Al Ra’d ayat 28)

Demikianlah agar hati menjadi tenang, yakni dengan mengingat Allah. Lalu bagaimana cara mengingat Allah? Ada tiga hal yang dapat dilakukan.

Pertama dengan shalat. Laksanakan shalat wajib dan agar semakin tenang lakukan shalat sunah.

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS Ta Ha ayat 14)

Kedua dengan membaca dan mendengarkan Quran. Al Quran dapat membuat hati damai dan pikiran tenang sebab ini kalimat Allah yang menyejukkan hati.

Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah. Itulah petunjuk Allah, dengan kitab itu Dia menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan Allah, niscaya tak ada baginya seorang pemimpinpun. (QS Az Zumar ayat 23)

Ketiga dengan memperbanyak dzikir. Dzikir termasuk ibadah yang sangat mudah. Perbanyak dzikir seperti astaghfirullah, allahu akbar, alhamdulillah, subhanallah dan dzikir sebagainya yang telah Allah dan Rasul-Nya ajarkan kepada umat Islam. Allah meminta kita untuk berdzikir seperti dalam firman-Nya.

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS Ali Imran ayat 191)

Insya Allah ketiga cara diatas akan mengatasi semua rasa sedih, cemas dan khawatir yang kita alami.