Apa yang dimaksud dengan 1 menit emas? Maksudnya adalah meluangkan waktu selama 1 menit untuk berdzikir. Ada banyak dzikir yang dapat diucapkan dalam rentang waktu 60 detik. Yuk kita hitung potensi pahala yang dapat kita peroleh selama berdzikir 60 detik.

 

1-menit-emas.png

1 Menit Istighfar 

Dalam jangka 60 detik kita dapat mengucapkan, “astaghfirullah” sebanyak 100 kali. Bila kita paham, istighfar sebanyak satu kali saja dapat mengampuni dosa 70 tahun, bahkan bisa mengampuni dosa 100 tahun! Jujur saja, penulis juga baru tahu 1 istighfar dapat mengampuni dosa 70-100 tahun. Tapi itulah yang dikatakan ustadz Khalid Basalamah.

Jadi coba bayangkan ampunan Allah bila kita ucapkan 100 istighfar? Sudah pasti – insya Allah – 100 istighfar dalam 1 menit akan memberatkan timbangan amal kita di akhirat kelak.

Subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil azhim

Ada dua lisan yang ringan namun dapat memberatkan timbangan kebaikan kita di akhirat, yakni “subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil azhim“. Dalam 1 menit kita dapat membaca kalimat ini kurang lebih 40 kali. Tak hanya memberatkan timbangan, kita juga akan dapat cinta-Nya Allah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ’anhu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada dua buah kalimat yang ringan di lisan namun berat di dalam timbangan, dan keduanya dicintai oleh ar-Rahman, yaitu ‘Subhanallahi wabihamdihi, subhanallahil ‘azhim’.” (HR. Bukhari [7573] dan Muslim [2694])

Laa hawla wa laa quwwata illa billah

Laa hawla wa laa quwwata illa billah” merupakan harta karunnya surga. Anda bisa dapatkan dengan mudah, dan dalam 60 detik diperkirakan kita akan dapat mengucapkan “laa hawla wa laa quwwata illa billah” sebanyak 30-40 kali. Waktu 1 menit itu seperti waktu yang dibutuhkan untuk keluar dari masjid atau menuju suatu tempat yang dekat.

“Wahai ‘Abdullah bin Qois, katakanlah ‘laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga” (HR. Bukhari no. 7386)

Subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar

Dari Abu Hurairah, dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda: ‘Sesungguhnya membaca “subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah, dan Allah Maha Besar)” adalah lebih aku cintai daripada segala sesuatu yang terkena sinar matahari.” (HR. Muslim no. 2695).

Sesuatu yang terkena matahari maksudnya adalah dunia dan seluruh isinya. Dan ini bisa kita dapatkan hanya dengan mengucapkan “subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar“. Dalam 1 menit kita bisa mengucapkan “subhanallah walhamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar” sebanyak 40 kali. Yang artinya kita bisa dapatkan sesuatu yang lebih baik dari dunia dan seluruh isinya sebanyak 40 kali lipat.

Shalawat Kepada Nabi

Dalam 1 menit kita juga bisa mendapatkan rahmat-Nya Allah ratusan kali. Caranya? Dengan mengucapkan shalawat kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

“Barangsiapa yang mengucapkan shalawat kepadaku satu kali maka Allah akan bershalawat baginya sepuluh kali, dan digugurkan sepuluh kesalahan (dosa)nya, serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan (di surga kelak)” – HR an-Nasa’i (no. 1297), Ahmad (3/102 dan 261), Ibnu Hibban (no. 904) dan al-Hakim (no. 2018)

Bila kita katakan “allahumma sholli ala muhammad” dalam 1 menit, kita bisa ucapkan 100 kali. Dan itu setara 1000 kali rahmat Allah untuk kita.

Perpanjang Umur dan Meluaskan Rezeki

Cara memperpanjang umur dan meluaskan rezeki dalam satu menit adalah dengan cara silaturahim. Bagaimana cara silaturahim dalam 1 menit? Salah satunya adalah dengan cara menelpon kerabat, seperti ayah, ibu, anak, paman. Dengan niat silaturahim katakan, “Assalamualaikum, apa kabar?

“Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].

Silaturahim setiap hari dapat kita lakukan setiap hari, baik dengan atau tanpa bantuan teknologi. Apalagi yang tempat tinggal dengan keluarga atau kerabatnya dekat.

Membaca Surat Pendek

1 menit emas juga dapat digunakan untuk membaca surat-surat pendek seperti Al Ikhlas, Al Asr, dan lain-lain. Dalam membaca Al Quran setiap huruf yang kita baca akan Allah balas dengan 10 kebaikan.

“Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi dan dishahihkan di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 6469)

Sebagai tambahan bila kita membaca Al Ikhlas sebanyak 10 kali dalam sehari akan dibalas Allah dengan dibangunkan istana di surga untuk kita.

“Siapa yang membaca qul huwallahu ahad sampai ia merampungkannya (surat Al-Ikhlas, pen.) sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya rumah di surga.” (HR. Ahmad)

Sumber:

Full video:

Versi pendek: