Aneka Cara Bersedekah

Ada banyak sekali cara untuk bersedekah. Bagi sebagian orang mungkin sedekah adalah mengeluarkan sejumlah harta. Sehingga banyak yang berpikir sedekah hanya untuk orang kaya. Sedekah itu sesungguhnya amalan bersifat sosial, maksudnya manfaatnya bukan hanya untuk pelaku tetapi juga orang lain.

cara-sedekah.png

Dalam Islam ada banyak aneka sedekah, senyum itu sedekah, dzikir pun sedekah, sholat (dhuha) pun sedekah, menyingkirkan duri di jalan juga sedekah.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap persendian manusia wajib bersedekah pada setiap hari di mana matahari terbit di dalamnya: engkau berlaku adil kepada dua orang (yang bertikai/berselisih) adalah sedekah, engkau membantu seseorang menaikannya ke atasnya hewan tunggangannya atau engkau menaikkan barang bawaannya ke atas hewan tunggangannya adalah sedekah, ucapan yang baik adalah sedekah, setiap langkah yang engkau jalankan menuju (ke masjid) untuk shalat adalah sedekah, dan engkau menyingkirkan gangguan dari jalan adalah sedekah.’” [HR. al-Bukhâri dan Muslim]

Menurut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam jumlah persendian manusia itu ada 360, sebagaimana terdapat dalam hadits.

“Sesungguhnya setiap manusia keturunan Adam diciptakan memiliki 360 persendian.” (HR. Muslim no. 2377)

Bila ada yang mengatakan bersedekah untuk semua persendian tubuh, maka melakukan shalat Dhuha dua rakaat sudah mencukupi.

“Pada pagi hari diwajibkan bagi seluruh persendian di antara kalian untuk bersedekah. Maka setiap bacaan tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, dan setiap bacaan takbir adalah sedekah. Begitu juga amar ma’ruf (memerintahkan kepada ketaatan) dan nahi mungkar (melarang dari kemungkaran) adalah sedekah. Ini semua bisa dicukupi (diganti) dengan melaksanakan shalat Dhuha sebanyak 2 raka’at.” (HR. Muslim no. 1704)

Segala bentuk perbuatan baik dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah adalah termasuk sedekah. karena itu jangan ragu untuk berbuat bermacam-macam kebaikan untuk diri, keluarga, teman dan masyarakat umum, bahkan termasuk berbuat baik terhadap makhluk ciptaan Allah (seperti binatang).

Berikut ini contoh aneka sedekah yang dapat dilakukan.

1. Sedekah alas kaki masjid untuk digunakan jamaah berwudhu.
2. Menebarkan makanan kepada burung-burung yang senang hinggap di rumah atau suatu tempat.
3. Sedekah Quran untuk masjid agar dapat dibaca jamaah.
4. Menyisihkan uang setiap bulanan untuk membantu anak-anak yatim.
5. Senyum ketika berjumpa dengan orang-orang.
6. Membuang kerikil yang mengganggu orang-orang di jalan.
7. Berbagi ilmu kebaikan kepada keluarga, teman, serta masyarakat.
8. Berdzikir sebanyak-banyaknya setiap hari.
9. Memaafkan kesalahan orang-orang setiap hari sebelum tidur.
10. Rutin shalat Dhuha.

Itulah contoh-contoh sedekah yang bermanfaat bagi kita dan juga dapat pula bermanfaat bagi orang lain. Mari kita biasakan bersedekah setiap hari, apapaun perbuatan baik yang kita lakukan, pastikan alasannya karena Allah semata.

Author : Humas Akhtar Foundation

Berbagi ilmu sharing bemanfaat

Read Offline:

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2018 Akhtar Foundation. All rights reserved.