Obat Taubat

Read Offline:

Semua penyakit ada obatnya, termasuk penyakit suka berbuat dosa. Bagaimana cara mengobati penyakit suka berbuat dosa? Berikut ini diantaranya.

1. Membaca Al Quran

Dengan membaca Al Quran hati akan menjadi tenang. Dan ketika menjumpai ayat-ayat ancaman siksa Allah untuk orang-orang zhalim kita akan sedih dan menangis. Timbul rasa takut untuk berbuat dosa.

2. Membaca kisah-kisah para nabi, sahabat dan orang-orang shalihin kala mereka berbuat dosa dan kemudian bertaubat. Contohnya seperti kisah taubat nabi Adam alaihissalam, nabi Daud alaihissalam, atau kisah Fudhail bin Iyadh seorang perampok yang bertaubat.

Kisah-kisah mereka akan menginspirasi kita untuk bertaubat.

3. Meyakini siksa berbuat dosa pasti terjadi, baik di dunia maupun di akhirat. Bentuk siksa di dunia memang terkadang tidak dapat disadari, seperti yang dialami orang-orang yang mendapat istidraj dari Allah.

Istidraj adalah jebakan berupa limpahan rezeki karena bermaksiat. Allah berikan pendosa berbagai nikmat dunia dan tiba-tiba maut datang sedangkan dia tidak sempat bertaubat.

Adapun siksa di Akhirat sudah pasti neraka dengan berbagai contoh gambaran mengerikan, misalnya di surat Ar Rahman ayat 43 dan 44.

“Inilah neraka Jahannam yang didustakan oleh orang-orang berdosa. Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air mendidih yang memuncak panasnya.”

4. Memperbanyak amal shalih. Dengan memperbanyak amal shalih, maka waktu yang biasanya digunakan untuk bermaksiat akan berkurang sehingga akhirnya tidak lagi berbuat dosa.

Tanda Taubat Diterima

Salah satu tanda yang dapat dirasakan taubat diterima Allah adalah ketaatan kita kepada Allah meningkat. Sedangkan dosa-dosa yang biasa dilakukan tidak lagi diperbuat.

Author : Humas Akhtar Foundation

Berbagi ilmu sharing bemanfaat

Post comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2016 Akhtar Foundation. All rights reserved.